Sunday, February 28, 2016

City Juara Kalahkan Liverpool lewat Adu Penalti

City Juara Kalahkan Liverpool lewat Adu Penalti

Pasuruan Theme Design - Manchester City keluar sebagai juara Piala Liga Inggris. City tampil sebagai pemenang setelah mengalahkan Liverpool lewat adu penalti.

Pertandingan final di Stadion Wembley, Minggu (28/2/2016) malam WIB, harus dituntaskan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1. Dalam adu penalti, City menang 3-1 atas Liverpool.

City unggul lebih dulu lewat gol Fernandinho di awal babak kedua. Tapi Liverpool mampu mencetak gol balasan lewat sepakan Coutinho tujuh menit jelang waktu normal habis. Skor 1-1 lantas bertahan hingga wasit meniup peluit panjang sehingga laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di masa extra time, kedua tim sama-sama tidak mampu mencetak gol. Pemenang lantas harus ditentukan lewat adu penalti.

Dalam babak adu penalti, kiper City, Willy Caballero tampil gemilang dengan menggagalkan tiga penalti Liverpool. City pun akhirnya menang 3-1 dalam adu penalti dan berhak atas trofi Piala Liga Inggris.

Jalannya Pertandingan

Liverpool langsung mengambil inisiatif menyerang sejak awal. Tekanan langsung dihadirkan Liverpool lewat Alberto Moreno dari sisi kiri, tapi umpan mendatarnya bisa diamankan oleh Willy Caballero.

City perlahan mampu keluar dari tekanan. Di menit ketujuh, City mendapat tendangan bebas di sisi kanan kotak penalti Liverpool setelah Lucas melakukan pelanggaran terhadan Raheem Sterling. Tendangan bebas David Silva bisa dihalau oleh Mamadou Sakho. Bola muntah jatuh ke kaki Fernandinho, tapi tendangna volinya masih melambung di atas mistar gawang Liverpool.

Sampai pertandingan berjalan sekitar 20 menit, belum ada peluang bersih yang didapat kedua tim. Serangan Liverpool kerap patah di sepertiga akhir lapangan. Sementara upaya City yang beberapa kali mendapat tendangan bebas bisa dihalau barisan pertahanan Liverpool.

Peluang bagus didapat City di menit ke-23. Menerima umpan panjang Silva, Aguero dengan mudah melewati Sakho yang terpeleset dan melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Bola sempat ditepis Simon Mignolet dan membentur tiang gawang.

Liverpool gantian mengancam di menit ke-33 setelah mendapat tendangan bebas tepat di sisi kanan kotak penalti City. Dari tendangan bebas tersebut, James Milner mengoper kepada Philippe Coutinho yang langsung melepaskan tembakan ke arah tiang jauh. Tapi upayanya itu masih melebar dari gawang.

Sampai turun minum, tak ada gol yang tercipta dari kedua tim.

Empat menit laga babak kedua berjalan, City membuka keunggulan. Aguero yang menguasai bola di depan kotak penalti Liverpool kemudian mengoper kepada Fernandinho yang masuk dari sisi kanan. Fernandinho kemudian melepaskan tembakan kaki kanan yang mengarah ke tiang jauh dan tak bisa dihentikan oleh Mignolet.

Liverpool mendapat peluang untuk mencetak gol balasan di menit ke-55. Tapi tembakan kaki kiri Milner usai menerima bola dari Sturridge masih melebar.

Setelah unggul satu gol, City lebih banyak bertahan. Sementara Liverpool mendominasi penguasaan bola. Meski demikian, City menciptakan peluang lebih banyak. Di sisi lain, serangan-serangan Liverpool lebih sering patah sebelum masuk ke jantung pertahanan City.

Sterling menyia-nyiakan sebuah peluang emas untuk menggandakan keunggulan City di menit ke-60. Dari sebuah serangan balik, Yaya Toure mengirim bola kepada Silva. Silva kemudian mengoper kepada Sterling yang berdiri bebas di dalam kotak penalti, tapi sepakannya justru melebar dari gawang.

Semenit berselang, City kembali mengancam lewat serangan balik. Toure mengirim umpan panjang yang memberi kesempatan kepada Aguero untuk menyerang. Striker asal Argentina itu melakukan penetrasi hingga kotak penalti sebelum dijatuhkan oleh Alberto Moreno. Pemain-pemain City mengklaim penalti, tapi wasit menyatakan play on.

Peluang untuk City lewat tendangan bebas Silva di menit ke-65. Tapi tendangan gelandang asal Spanyol itu masih melambung tipis di atas mistar gawang Liverpool.

Empat menit kemudian, Aguero mendapat peluang lagi. Tapi tembakannya dari luar kotak penalti bisa diamankan Mignolet.

Sterling kembali gagal memaksimalkan peluang bagus di menit ke-79. Dia tak mampu mengarahkan tembakannya ke gawang setelah menerima bola dari Aguero.

Serangan Liverpool akhirnya membuahkan hasil di menit ke-83. Gol ini berawal dari umpan Sturridge dari sisi kanan yang diteruskan oleh Lallana dari jarak dekat. Tapi bola membentur tiang. Bola muntah mengarah ke Coutinho yang berdiri bebas di dalam kotak penalti. Coutinho lantas melepaskan tembakan untuk menjebol gawang City. Liverpool 1 City 1.

Setelah kemasukan gol, City kembali berani keluar menyerang. Peluang didapat City lewat Fernando yang menyambar bola liar di dalam kotak penalti. Tapi Mignolet bisa membloknya.

Mignolet kembali melakukan penyelamatan penting di jelang berakhirnya waktu normal. Kali ini dia menggagalkan tendangan Yaya Toure dari jarak dekat.

Sampai wasit meniup peluit panjang, skor 1-1 tetap bertahan. Pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak pertama perpanjangan waktu, hanya City yang mendapat peluang emas untuk mencetak gol. Aguero berhasil merangsek masuk ke kotak penalti Liverpool dan melepaskan sepakan kaki kanan ke arah tiang jauh. Tapi bola masih bisa ditepis oleh Mignolet.

Di awal babak kedua masa extra time, gantian Liverpool yang punya peluang bagus. Crossing Milner dari sisi kiri disambut tandukan Divock Origi. Namun Caballero masih sigap menepis bola.

Peluang kembali didapat Liverpool. Tapi tendangan bebas Sturridge bisa diantisipasi dengan baik oleh Caballero. Sementara umpan Milner tak mampu dijangkau oleh Origi dan bola diamankan oleh Caballero.

Milner nyaris melakukan blunder yang membahayakan gawang Liverpool. Backpass-nya yang buruk justru mengarah ke Aguero yang berdiri bebas di kotak penalti Liverpool. Beruntung bagi Liverpool, tendangan Aguero masih melambung.

Tak ada gol tambahan tercipta, pertandingan harus dituntaskan lewat adu penalti.

Dalam adu penalti, tiga penendang Liverpool gagal mencetak gol setelah eksekusinya digagalkan oleh Caballero. Sementara dari kubu City, hanya Fernandinho yang gagal setelah tendangannya membentur tiang gawang.

Liverpool
Can: gol
Lucas: gagal (ditepis)
Coutinho: gagal (ditepis)
Lallana: gagal (ditepis)

City
Fernandinho: gagal (membentur tiang)
Navas: gol
Aguero: gol
Yaya Toure: gol

Susunan Pemain
Liverpool: Mignolet, Clyne, Lucas, Sakho (Toure 25'), Moreno (Lallana 72'), Can, Henderson, Milner, Firmino (Origi 80'), Coutinho, Sturridge

City: Caballero, Sagna (Zabaleta 91'), Kompany, Otamendi, Clichy, Fernando (Navas 91'), Fernandinho, Toure, Silva (Bony 110'), Sterling, Aguero

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon